IL News No. 019/2011
oleh Institut Leimena

Sabtu, 16 April 2011 jam 12 siang bertempat di lopo kelompok tani di Desa Oeteta, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang diadakan training pengolahan bahan makanan. Walaupun saat itu kondisi cuacanya tidak bersahabat karena hujan tapi tidak menyurutkan semangat ibu-ibu kelompok wanita tani Mardika Imanuel Desa Oeteta untuk tetap mengadakan training pengolahan bahan makanan yang sudah dijadwalkan setiap bulannya.

Training ini merupakan yang pertama dilakukan sejak terbentuknya kelompok wanita tani Mardika Imanuel. Sebagai training yang pertama maka mereka memilih pengolahan pisang karena bahan bakunya tersedia. Produksi pisang di Desa Oeteta juga cukup banyak dan jika tiba musim panen kalau tidak terjual maka akan dijadikan makanan babi, sehingga untuk bahan baku mereka tidak mengalami kesulitan.

Pengolahan yang diajarkan adalah pengolahan pisang mentah dan pisang matang. Pisang yang masih mentah diolah menjadi keripik dengan beberapa rasa yaitu asin, manis, asin-manis, asin-manis-pedas. Untuk pisang yang sudah matang diolah menjadi pisang sale dengan memanfaatkan sinar matahari yang ada. Dalam training ini tidak sekedar teori yang diajarkan tapi ibu-ibu langsung diajak untuk praktek pembuatan keripik dan pisang sale.

Training ini dihadiri oleh 15 orang ibu-ibu anggota kelompok, dengan trainernya adalah pendamping IL yang ada di Kupang. Berharap dengan adanya training ini bisa menambah nilai jual pisang yang ada dan menambah penghasilan ibu-ibu di Desa Oeteta, yang penting adalah mau kerja keras maka pasti ada nilai yang diterima. Sukses dan tetap semangat ya ibu-ibu….

Responsible Citizenship

in Religious Society

Ikuti update Institut Leimena