IL News 004/2013

 

Pendidikan Warga ke-40 (Upgrading)
Polewali (Sulawesi Barat), 26-27 Maret 2013

 

Dalam negara demokrasi, penting untuk menumbuh kembangkan kesadaran warga dalam berbangsa dan bernegara. Rakyat harus menyadari hak dan tanggungjawabnya sebagai warga negara untuk ikut menentukan masa depan Indonesia.

Dalam kerangka ini pula, gereja dan orang Kristen perlu belajar memahami landasan perannya di ruang publik, yaitu Alkitab dan Konstitusi Indonesia (UUD 45), agar mampu menjadi pemimpin publik yang membawa kesejahteraan umum serta mencapai cita-cita kemerdekaan Indonesia.


Pendidikan Warga ke 40 diadakan atas kerjasama antara Institut Leimena dan Gereja Toraja Mamasa (GTM). Ini adalah Pendidikan Warga upgrading (lanjutan), bagi peserta yang telah mengikuti program Pendidikan Warga sebelumnya.

Program upgrading ini bertujuan untuk semakin meningkatkan kesadaran peserta sebagai warga negara yang bertanggung jawab, khususnya dalam rangka Voter Education. Oleh karena itu, peserta diperlengkapi dengan materi seperti Suara Anda Berharga dan Bagaimana menjadi serta mempersiapkan Pemilih Cerdas. Peserta juga didorong untuk mengembangkan kemampuan memberdayakan komunitas lokal melalui metode Diskusi Warga, dan termasuk berlatih menulis Suara Warga,

Pendidikan Warga yang berlangsung di GTM Jemaat Musafir Lantora, Klasis Polewali, Sulewesi Barat, dihadiri oleh sekitar 30 peserta yang berasal dari utusan GTM klasis Polewali dan sekitarnya. Tim Institut Leimena yang melayani terdiri dari Budi Setiamarga dan Daniel Adipranata.


Berikut ini beberapa komentar dari peserta Pendidikan Warga upgrading:

Memberikan pemahaman kepada saya bagaimana saya bisa berperan sebagai pemilih yang cerdas, dalam tanggung jawab saya sebagai warga negara dan warga gereja. (Nalddy, ST – Pemuda GTM Musafir Lantora, Polewali)

Bagaikan mendapatkan mutiara yang hilang. (BP. Rantepajung, BE, Badan Pekerja Majelis Jemaat GTM Musafir Lantora, Polewali)

Jujur selama ini kami punya pengalaman yang sangat minim mengenai soal politik namun dengan adanya kegiatan ini, kami dapat memperoleh ilmu dan pengalaman yang begitu berharga dan bermanfaat bagi kami. (Marten, GTM cabang Jambu Tua, Polewali)

Responsible Citizenship

in Religious Society

Ikuti update Institut Leimena