IL News 032/2012
Surabaya (Jawa Timur), 10 November 2012

 

Bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan 10 November 2012,  Universitas Ciputra di Kota Pahlawan Surabaya mengundang Institut Leimena untuk memberikan kuliah umum kepada sekitar 250 mahasiswanya tentang “Warganegara dalam Arus Perubahan Indonesia”.

Universitas Ciputra bersama dengan Institut Leimena menyadari betapa pentingnya para calon enterpreneur (wirausaha) muda di Indonesia untuk memahami peran penting mereka sebagai warganegara-warganegara yang bertanggung jawab. Mereka tidak hanya mempunyai wawasan enterpreneur yang baik namun juga memiliki rasa kebangsaan Indonesia yang tinggi. Dengan demikian, para calon enterpreneur ini dapat didorong untuk ikut serta membangun tumpah darah Indonesia.

Dalam dua jam kuliah umum tersebut, Matius Ho dan Budi Setiamarga dari Institut Leimena menguraikan tentang bagaimana ide-ide modern yang ada di empat alinea Pembukaan UUD 1945 berkembang dengan menelusuri sejarah, baik sejarah dunia maupun sejarah Indonesia. Latar belakang dan peran strategis dari amandemen UUD 1945 yang dilakukan dari tahun 1999 sampai 2002 mengajak mahasiswa untuk melihat bahwa Indonesia sudah mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dimana peran warganegara menjadi lebih nyata dan lebih berarti. Keterlibatan warga negara untuk terlibat aktif dalam membangun negara sangatlah diperlukan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Responsible Citizenship

in Religious Society

Ikuti update Institut Leimena