IL News 029/2020
Webinar Internasional Kerjasama Kementerian Agama RI dan Institut Leimena
(Selasa, 27 Oktober 2020)

 

Kehidupan bersama di bumi ini dapat diibaratkan seperti kehidupan bersama di sebuah kapal besar. Bila terjadi konflik sehingga satu bagian kapal rusak dan bocor, maka keselamatan seluruh kapal itupun akan sama-sama terancam. Oleh sebab itulah, upaya perdamaian dunia haruslah menjadi tanggung jawab bersama. Keluarga agama-agama Abrahamik, yaitu agama Kristen, Islam, dan Yahudi, yang dianut oleh lebih dari setengah populasi dunia tentu haruslah ikut mengupayakan perdamaian dunia ini. Dalam rangka itulah, Institut Leimena bekerja sama dengan Kementerian Agama RI mengadakan Webinar Internasional dengan topik “Peran Keluarga Agama-agama Abrahamik dalam Meningkatkan Perdamaian di Dunia”.

Webinar Internasional yang diadakan pada hari Selasa, 27 Oktober 2020, pukul 18.30-20.30 WIB ini, dihadiri oleh lebih dari 1200 orang peserta yang datang dari ratusan kota di seluruh Indonesia serta dari puluhan negara di dunia. Dengan diawali terlebih dahulu dengan sambutan dari Drs. Jakob Tobing, MPA, Chairman Institut Leimena dan Dr. Alwi Shihab, Senior Fellow Institut Leimena,  Menteri Agama RI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi kemudian memberikan kata sambutannya serta membuka secara resmi acara webinar ini. Minat luar negeri terhadap webinar ini ternyata cukup besar yang salah satunya disampaikan secara langsung dari Washington DC, Amerika Serikat oleh bapak Javier Pedra, Acting Assistant Administrator untuk Biro Asia dari USAID.

Sebagai narasumber pertama, Syekh Abdallah Bin Bayyah, Ketua Umum Dewan Fatwa Uni Emirat Arab dan Presiden Forum for Promoting Peace in Muslim Societies, yang menyatakan antara lain bahwa  perdamaian adalah sebuah prioritas bagi umat manusia yang dapat dicapai melalui kerjasama antar agama. Selanjutnya, secara berturut-turut lima narasumber secara bergantian mengemukakan pandangannya yaitu Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj (Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama), Uskup Ignatius Kardinal Suharyo (Ketua Konferensi Waligereja Indonesia), Chief Rabbi David Rosen (Direktur Internasional Hubungan Lintas Agama American Jewish Committee), Prof. Dr. Abdul Mu’ti (Sekretaris Umum PP Muhammadiyah), dan Pdt. Gomar Gultom (Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia).

Beberapa liputan berita dari dalam dan luar negeri atas acara ini:

Persamaan dan Kerja Sama Antaragama Keluarga Ibrahim Mendorong Perdamaian
https://kompas.id/baca/internasional/2020/10/28/persamaan-dan-kerja-sama-antaragama-keluarga-ibrahim-mendorong-perdamaian/

Kemenag dan Institut Leimena Gelar Diskusi Peran Agama
https://republika.co.id/berita/qixo2h430/kemenag-dan-institut-leimena-gelar-diskusi-peran-agama

Mencari Titik Temu Agama Abrahamik untuk Perdamaian Dunia
https://nasional.sindonews.com/read/212756/15/mencari-titik-temu-agama-abrahamik-untuk-perdamaian-dunia-1603941007?showpage=all

Shared Ancestry: Religious Leaders Call for Solidarity in Abrahamic Faiths
https://jakartaglobe.id/news/shared-ancestry-religious-leaders-call-for-solidarity-in-abrahamic-faiths

Abdullah bin Bayyah highlights role of followers of Abrahamic religions in promoting peace
http://wam.ae/en/details/1395302881405

Subscribed YouTube WargaNegara

 

Responsible Citizenship

in Religious Society

Ikuti update Institut Leimena