IL News 013/2020
28 Mei 2020

 

Institut Leimena melihat tantangan yang dihadapi para lulusan baru , terutama pasca pandemi Covid-19. Kami membuat seri webinar Ask The Expert untuk membina generasi muda ini agar siap memasuki dunia kerja.

Mengevaluasi Curriculum Vitae (CV) Anda, inilah topik kedua Webinar Seri Ask the Expert, yang diselenggarakan Institut Leimena pada 28 Mei 2020. Kegiatan yang diikuti oleh 96 orang peserta yang tersebar dari Sumatera Utara hingga Nusa Tenggara Timur ini, menghadirkan Job Aser Tomasoa( Team Lead Financial & IT) dan Yoka Juniansyah Aminda (Team Lead Business Operations) dari Kelly Services Indonesia, sebuah perusahaan tenaga kerja dan konsultasi SDM kelas dunia.

Yoka Aminda menjelaskan kriteria CV yang komprehensif dan menarik, serta apa yang sebaiknya dicantumkan dan tidak dicantumkan. CV harus singkat, tapi menjelaskan semua hal penting dan relevan yang ingin disampaikan.

Setelah Yoka Aminda menjelaskan kriteria penulisan CV, selanjutnya Job Aser menjelaskan pengemasan CV dalam bentuk digital, yaitu LinkedIn. Pilih foto yang menunjukkan diri yang profesional namun tetap ramah; raih perhatian perekrut dengan bagaimana Anda melihat diri Anda secara positif; buat mereka takjub dengan pengalaman dan keahlian Anda; adalah beberapa saran yang dibagikan  kepada peserta.

Bagaimana dengan konteks lulusan baru, yang minim pengalaman kerja dan keahlian tertentu? Kedua narasumber membagikan saran praktis untuk menonjolkan aktivitas peserta selama kuliah; baik itu organisasi, magang, dll.

Pemarapan materi dilanjutkan dengan kegiatan interaktif evaluasi CV secara langsung, dipandu oleh Andry Lie (Business Fellow, Institut Leimena). Peserta yang sudah mengirimkan CV sebelumnya, mendapat masukan secara langsung dari pakarnya. Sungguh sebuah kesempatan berharga! Para peserta mendapatkan masukan tentang apa yang sudah baik dan perlu dikembangkan agar lebih menarik dan memikat.

Pengalaman belajar partisipatif seperti ini, meski secara virtual, sangat bermanfaat karena peserta dapat melakukan praktik belajar mengevaluasi CV secara langsung.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, banyak hal tak diketahui secara pasti termasuk soal kesempatan kerja. Setidaknya, peserta telah berikhtiar: belajar dan berusaha. Bagian manusia adalah merencanakan dan mempersiapkan diri untuk masa depan, sebaik-baiknya. Sebab jika tidak bersiap-siap, ia bersiap untuk gagal.

“Sangat membantu sekali untuk melihat kelebihan dan kekurangan CV. Pertahankan waktu penyampaian pertemuan webinar. Perlu ditingkatkan menjadi seminggu 2 kali.”

“Keren, informasinya sangat membantu dan menyegarkan.”

“Menarik, banyak dapat insight soal pembuatan CV dan gimana branding diri di LinkedIn.”

“Thank you untuk Institut Leimena yang sudah mengadakan webinar ini, banyak banget manfaatnya apalagi buat saya yang baru lulus dan mau cari kerja, abis ini mau langsung edit CV biar lebih bagus dan semoga menarik bagi rekruiter :)”

Responsible Citizenship

in Religious Society

Ikuti update Institut Leimena