IL News 012/2020
21 Mei 2020

 

Hidup tak selalu dalam keterpurukan. Justru masa sulit di era pandemi Covid-19 ini, akan melatih diri kita sehingga muncul sebagai pemenang.

Demikianlah Job Aser Tomasoa, Team Lead Financial & IT, Kelly Services Indonesia (perusahaan tenaga kerja dan layanan konsultasi SDM kelas dunia), memulai pemaparan materinya dalam Webinar bertajuk Ask the Expert: Peluang Kerja Pasca Pandemi Covid-19, pada 21 Mei 2020. Kegiatan yang digagas oleh Institut Leimena ini bertujuan untuk mempersiapkan lulusan baru memasuki dunia kerja.

Job Aser membagikan kiat-kiat apa yang harus dipersiapkan dalam memasuki dunia kerja seperti pentingnya menjadi pribadi yang berpikiran terbuka dan luwes, disiplin mengembangkan diri, dan memiliki semangat kompetitif. Ia juga membagikan perlunya membangun personal branding sejak dini; dimulai dengan menunjukkan kemampuan pada suatu bidang tertentu dan memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk menjangkau kalangan lebih luas.

Yoka Juniansyah Aminda, Team Lead Business Operations, Kelly Services Indonesia, melanjutkan materi tentang perubahan sistem kerja selama dan pasca pandemi Covid-19. Menurut Yoka, sejumlah perubahan yang terjadi adalah transformasi digital pada banyak lini pekerjaan, work-life balance bergeser menjadi work-life blend, dan pekerjaan akan fokus pada output atau hasil. Pemaparan Yoka ini merupakan wawasan baru yang perlu diantisipasi sejak dini, oleh lulusan muda yang hendak masuk dunia kerja. Yoka juga membagikan sejumlah keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja, seperti adaptasi dan kreativitas.

Andry Lie, Business Fellow Institut Leimena, memandu kegiatan dengan interaktif. Peserta menyampaikan banyak pertanyaan yang dijawab secara memuaskan oleh narasumber.

150 orang peserta yang berasal dari 13 provinsi di Indonesia, mengaku puas mengikuti kegiatan ini. Mereka menyampaikan bahwa acara ini bermanfaat dan sangat relevan bagi persiapan mereka dalam mencari pekerjaan.

Benar seperti yang disampaikan di awal, bahwa hidup tak selalu dalam keterpurukan. Naik-turun dan suka duka, adalah teman sejati manusia. Covid-19 datang tak terduga, mengubah pola kerja yang selama ini sudah mapan. Tak ada yang tahu pasti apa yang terjadi paska Pandemi Covid-19. Setidaknya, kita telah melakukan bagian kita dengan bijak: ikhtiar berusaha dan merencanakan diri.

Berikut ini beberapa tanggapan dari peserta:

“Tolong pertahankan acara webinar dari Institut Leimena karna bagus dan bermanfaat dengan mengundang narasumber yang compatible dengan topik yang dibahas.”

“Membahas situasi dengan real dan tidak kebanyakan teori serta berkesinambungan dengan apa yang kita hadapi saat ini.”

“Semakin menambah pengetahuan mengenai strategi peluang kerja bagi job seekers khususnya fresh graduates.”

“Sangat memotivasi dan memberi semangat untuk tetap fight dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan diri. Terima kasih banyak.”

Responsible Citizenship

in Religious Society

Ikuti update Institut Leimena