IL News 001/2014

 

Bandung (Jawa Barat), 25 Januari 2014

 

Institut Leimena bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Teologi (STT) Bandung, Komisi Pria Gereja Injili Indonesia (GII) Hok Im Tong dan GII4Nusantara mengadakan Pembinaan Warga bertema “Tanggung Jawab Iman Kristen sebagai Warga Negara Indonesia”. Acara ini berlangsung di Aula STT Bandung, pada hari Sabtu, 25 Januari 2014. Diikuti oleh sekitar 120 orang peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa STT Bandung, anggota komisi Pria GII, dan juga tamu undangan dari gereja-gereja dan STT-STT se- kota Bandung.

Dalam acara ini, Institut Leimena mengutus Budi Setiamarga, Daniel Adipranata dan Viona Wijaya untuk menjadi narasumber seminar. Hadir juga sebagai pembicara tamu, Peter Jacobs (Direktur Komunikasi, Bank Indonesia) yang memaparkan Peluang Ekonomi Indonesia di Tahun Politik. Acara diawali Ibadah Pembukaan yang dipimpin oleh Grace Emilia, M.Th., dosen STT Bandung.


Berikut beberapa komentar dari peserta Pembinaan Warga:

Kami menyadari sebagian besar orang Kristen tidak sadar pada perannya sebagai garam dan terang di tengah-tengah masyarakat dan bangsa di Indonesia. Seminar ini mengingatkan kami akan tanggungjawab sebagai warga negara Kerajaan Allah dan warga negara di Republik Indonesia yang harus menggarami sesama warga dan lingkungannya…. Seminar ini menyadarkan kami akan peran dan tanggungjawab sebagai warga negara di atas tanah yang dipijak, untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2014, minimal dengan ikut memilih, tidak golput. (kutipan komentar dari Prof. DR. Iratius Radiman dan Prof. DR. Cynthia L. Radiman – Dosen Institut Teknologi Bandung)

Tahun 2014 adalah tahun penting bagi bangsa Indonesia berkaitan dengan pemilihan Kepemimpinan Bangsa. Di tengah keraguan, kekecewaan dan kebingungan sebagai warga negara, kami bersyukur Institut Leimena bisa hadir dalam seminar pembinaan warga di STT Bandung. Kehadiran mereka memberikan wawasan dan informasi yang amat penting berkaitan dengan sikap Kristen dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pada saat ini. Peserta seminar ditegaskan ulang bahwa kecintaan mereka terhadap bangsa Indonesia amat perlu dipelihara dan diwujudkan dengan peran serta aktif mereka dalam menanggapi dan ikut dalam proses Pemilu yang ada. Terima kasih Intitut Leimena, terus gaungkan kecintaan pada negeri ini kepada banyak orang, dan teruslah menjadi berkat bagi negeri. (Heriyanto, M.Th. – Dekan Kemahasiswaan Sekolah Tinggi Teologi Bandung)

Responsible Citizenship

in Religious Society

Ikuti update Institut Leimena