IL News 001/2020

“Diberkati untuk menjadi berkat” itulah semboyan dari kelompok tani Kanaan binaan Institut Leimena yang ada di Desa Manusak, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.  Sejak dibentuknya kelompok tani ini pada tahun 2009, anggota-anggotanya memiliki kerinduan untuk berbagai dengan orang lain yang ada disekeliling mereka. Dan tidak terasa tahun 2019 merupakan tahun ke-10 kelompok ini dibentuk dan kerinduan untuk berbagi tidak pernah pudar dari kehidupan mereka sehari-hari. Pada tanggal 14 Desember 2019 yang lalu, dalam ibadah terakhir kelompok sekaligus syukuran untuk penyertaaan Tuhan selama satu tahun,  dilakukan pelayanan diakonia kepada 17 orang janda/duda yang sudah lanjut usia. Kelompok tani ini memilih janda/duda yang sudah lanjut usia karena mereka sudah tidak mampu untuk bekerja lagi.

Kegiatan pertanian hingga saat ini terus berjalan. Mereka melakukan penanaman padi pada musim hujan, dan setelah panen padi dilanjutkan dengan penanaman jagung dan sayur-sayuran. Hasil dari usaha tani ini mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari dan sebagian dijual untuk menambah pendapatan keluarga. Selain kegiatan pertanian, program pembibitan dan penggemukan sapi juga tetap berjalan. Hasil dari program ini sangat membantu anggota-anggota kelompok dalam membiayai pendidikan anak-anak mereka. Bersyukur tahun 2019 dari anggota kelompok ini ada satu orang anak yang sudah menyelesaikan studi S1 ilmu Fisika di Universitas Nusa Cendana.

Kiranya apa yang kita lakukan ini dapat terus menjadi berkat bagi banyak orang untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan. Soli Deo Glori

Responsible Citizenship

in Religious Society

Ikuti update Institut Leimena