IL News 004/2021

Pada 4 Maret 2021, Matius Ho, Executive Director Institut Leimena, menjadi salah satu narasumber pada diskusi panel yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Senior GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia), bertema “Memahami Gerakan Pemikiran Om Jo Leimena”.

Dr. Johannes Leimena (1905-1977) adalah seorang dokter, politisi, dan pahlawan nasional Indonesia. Ia tercatat sebagai salah satu menteri yang menjabat paling lama selama pemerintahan presiden Soekarno (18 kali menjadi menteri. 8 kali diantaranya sebagai Menteri Kesehatan), dengan total masa jabatan hampir 20 tahun berturut-turut.

Diskusi panel ini dibuka oleh Ketua Umum Pengurus Nasional Perkumpulan Senior GMKI, Febry C. Tetelepta. Matius Ho membagikan bagaimana peran Institut Leimena yang mengusung semangat beliau yaitu berkontribusi mengembangkan peradaban Indonesia dan dunia melalui kerjasama dengan berbagai kalangan. Narasumber lainnya yang turut hadir adalah Melani Leimena Suharli (puteri Johannes Leimena, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat), dan Theo Litaay.

Salah satu peserta, Dr. Tine Tombokan Neloe, turut juga membagikan kesan mendalamnya tentang sosok yang akrab dipanggil Om Jo tersebut, “Saya sebagai pensiunan RS PGI Cikini beruntung menjadi karyawan semasa om Jo jadi Direktur RS dan mengalami secara pribadi dipimpin oleh pemimpin yang sederhana dan sangat peduli pada karyawan …. Beliau setiap minggu melakukan kontrol sewaktu saya pegang Poliklinik pegawai untuk tanya, ‘Is alles goed, apa yg masih diperlukan?’ dan sekalian cek tensi beliau di poli, padahal bisa saja panggil saya untuk cek tensi di kantor beliau.”

“Is alles goed, apa yg masih diperlukan?” Pertanyaan semacam ini bisa begitu menyentuh hanya jika disampaikan oleh pemimpin yang tulus melayani dan bertanggung jawab seperti teladan sang negarawan Johannes Leimena.

Subscribed YouTube WargaNegara

 

Responsible Citizenship

in Religious Society

Ikuti update Institut Leimena