IL News 015/2020

Topik wawancara adalah seri ke-empat dari rangkaian Webinar Ask the Expert yang bertujuan untuk memperlengkapi lulusan muda memasuki dunia kerja. Ask the Expert merupakan sebuah forum untuk para pemuda dapat belajar dan berkonsultasi langsung dengan para pakar.

Seri sebelumnya bertajuk Peluang Kerja pasca Pandemi Covid-19, Evaluating Your CV, dan Assessment. Total peserta penerima manfaat kegiatan ini adalah 450 orang, yang tersebar di 28 provinsi di Indonesia.

Seri terakhir yang dinanti-nantikan oleh peserta ini dipandu oleh Andry Lie (Business Fellow, Institut Leimena), dengan narasumber pakar Adi Hariyono dan Fini Lynia Arifin yang masing-masinga adalah HR Consultant.

Kedua narasumber membagikan wawasan terkini tentang wawancara, yang berbeda dengan apa yang jamak ditemui di internet atau buku-buku panduan wawancara. Bukan hanya membagikan apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan saat wawancara, narasumber juga membagikan pentingnya mengirimkan Thankyou Letter pada perusahaan yang telah mewawancarai peserta. Tindakan ini dapat dimaknai sebagai bentuk inisiatif dan minat yang besar pada perusahaan yang telah mewawancarainya.

Komunikasi nonverbal juga menjadi faktor menentukan dalam wawancara karena ia adalah perwujudan sikap dan karakter individu. Bagaimana kita duduk dan menatap pewawancara, bagaimana kita menjabat tangan pewawancara; adalah bahasa yang dapat dimaknai oleh pewawancara.

Banyak pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber, yang dijawab dengan memuaskan sesuai pengalaman profesional narasumber yang bekerja di perusahaan HR terbesar di dunia.

Narasumber menutup webinar dengan pesan agar peserta menjadi diri sendiri. Tak perlu berpura-pura menjadi orang lain, kenali kekuatan dan kelemahan diri. Mereka juga berpesan bahwa gagal pada satu wawancara, bukanlah vonis tentang minimnya kompetensi diri, namun sebuah isyarat untuk terus belajar dan berlatih, hingga berhasil.

Mari simak komentar peserta terhadap webinar ini:

“Saya berterima kasih. Dengan mengikuti webinar ini, saya lebih bisa melihat dari sudut pandang berbeda dan membuat saya percaya diri dalam menghadapi dunia kerja.”

“Terus lakukan webinar, ini sangat menolong kami yang ada di daerah daerah.”

“Sangat menolong untuk saya pribadi yang seorang fresh graduate untuk mempersiapkan diri terhadap berbagai proses rekrutmen.”

“Webinar ini sangat open mind :)) Selalu dipertahankan yaa dengan pembicara-pembicara yang luar biasa.”

“I join all the “ask the expert” series. Over all, I enjoy this event. All the discussions are very enlightened and meaningful especially for me as a fresh graduate to prepare myself. Thank you very much for Institut Leimena for organizing this Webinar. Can’t wait for another good event.”

“Terima kasih, sangat membantu dengan webinar ini, bisa belajar lebih dalam soal wawancara dari orang yang memang bekerja dalam bidangnya. Semangat terus!”

Responsible Citizenship

in Religious Society

Ikuti update Institut Leimena