IL News 008/2014

 

Kuliah Umum di Universitas Negeri Surabaya (Unesa)
Jawa Timur, 4 April 2014

 

Untuk pertama kalinya, Institut Leimena mengadakan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk melakukan Kuliah Umum tentang “Warga Negara di Tengah  Arus Perubahan Politik”. Kuliah umum yang diadakan pada hari Jumat, 4 April 2014, pkl 13.30 sampai 16.30 WIB ini  dihadiri oleh sekitar 300 orang mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) yang sedang digembleng untuk menjadi guru-guru PPKN yang berkualitas di sekolah-sekolah di pelbagai pelosok Indonesia. Acara Kuliah umum yang disampaikan oleh Matius Ho dan Budi Setiamarga itu dibuka dengan resmi oleh Anik Andayani, MSi., Pembantu Dekan III Fakultas Ilmu Sosial Unesa, disertai dengan kata sambutan yang disampaikan oleh DR. Totok Suyanto, Ketua Program Studi PPKN Unesa.


Dalam kuliah umum ini, disampaikan latar belakang sejarah perkembangan gagasan Indonesia modern serta cita-citanya seperti yang diungkapkan di Pembukaan UUD 1945, dalam kaitan dengan arus perkembangan ide kemerdekaan dan kesetaraan yang berkembang sejak Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat tahun 1776, Revolusi Perancis, Kebangkitan Asia, Sumpah Pemuda sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di tahun 1945. Pentingnya amandemen UUD 1945 (1999-2002) yang berlangsung dengan damai juga dibahas beserta beberapa contoh dampak amandemen yang telah merubah sistem politik di Indonesia sehingga Indonesia menjadi negara yang konstitusional demokratis.


Dalam kaitan dengan Pemilu Legislatif 9 April 2014 dan Pilpres 9 Juli 2014, ditekankan juga tentang pentingnya Pemilu sebagai instrumen konstitusi untuk membangun sistem demokrasi yang kuat dan adil serta pentingnya keterlibatan warga negara untuk ikut berpartisipasi dalam kehidupan demokrasi dengan ikut serta memilih karena suara warga negara itu berharga. Kuliah umum ini disertai juga dengan sesi tanya jawab yang berlangsung dengan cukup meriah yang menunjukkan perhatian dan ketertarikan para mahasiswa tersebut terhadap hal-hal yang telah disampaikan.

Responsible Citizenship

in Religious Society

Ikuti update Institut Leimena