IL News No. 011/2010
oleh Institut Leimena

Menyusul  Konsultasi Nasional pada bulan September yang lalu, pertemuan Forum Diskusi IKAN (Iman dan Masalah Aktual Negara) yang ke-7 bagi para legislator kembali diadakan Rabu, 20 Oktober 2010. Turut mengundang dalam forum diskusi kali ini adalah Basuki Tjahaja Purnama, Ignatius Mulyono, Jacob Jack Ospara, Yasonna Laoly.

Tema diskusi kali ini adalah: “Menjaga Keamanan dan Kedaulatan Nasional” yang dipresentasikan oleh Dr. Andi Widjajanto , pengamat militer yang merupakan Ketua Program Studi Hubungan Internasional FISIP Universitas Indonesia (UI). Diskusi ini di-moderatori oleh Dr. Budi Setiamarga, Director Center for Policy Analysis, Institut Leimena.

Permasalahan keamanan dan kedaulatan Nasional dibahas dari dua sudut. Keamanan dari sisi eksternal dan juga internal. Secara eksternal keamanan regional saat ini amat dipengaruhi perkembangan Cina sebagai Negara yang terus mengembangkan kekuatan militernya dan berupaya menjadi hegemon regional. Sebaliknya secara internal permasalahan gerakan-gerakan separatis menjadi salah satu pembahasan. Ditekankan pemilihan label bagi gerakan separatis oleh Pemerintah akan sangat mempengaruhi bagaimana masalah ini ditangani. Disebutnya gerakan ini sebagai gerakan pemberontak oleh Pemerintah saat ini menjadikan ini masalah yang masuk dalam jurisdiksi hukum internasional.

Forum diskusi ini dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dan response oleh para legislator yang mewakili pengalaman di daerahnya. Diskusi ini diakhiri dengan acara makan malam bersama.

Responsible Citizenship

in Religious Society

Ikuti update Institut Leimena