IL News 011/2015

 

Forum IKAN (Iman Kristen dan masalah Aktual Negara)
Jakarta, 30 April 2015

 

Perdana di 2015, Institut Leimena menyelenggarakan Forum Iman Kristen dan masalah Aktual Negara (Forum IKAN) pada 30 April 2015. Acara yang mengusung tema “Gereja dan Politik” ini menghadirkan Pdt. DR. Andreas A. Yewangoe, Ketua Majelis Pertimbangan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), sebagai narasumber diskusi. Peserta yang melayani di berbagai lembaga mulai dari Mahkamah Agung, DPR RI, hingga universitas dan media, turut menghadiri acara ini serta memberikan sumbangsih pemikiran dan pengalamannya terkait gereja dan politik.

 


Tidak dipungkiri, masih jamak pemikiran yang menyatakan bahwa politik adalah kotor, dan oleh sebab itu gereja hendaknya menjauhkan diri darinya. Yewangoe menegaskan bahwa pemikiran semacam itu adalah pemikiran usang! Gereja justru harus turut menggarami dan menerangi dunia politik, demi mengupayakan terwujudnya hidup bersama dalam keadilan dan ketertiban.

 


Umat kristen sendiri banyak yang melayani di berbagai lembaga negara. Gereja perlu terus mengembangkan hubungan dan dialog yang sehat dengan mereka, agar dapat bergandengan tangan dan bersinergi untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyat dan mewujudkan cita-cita bangsa.

Subscribed YouTube WargaNegara

 

Responsible Citizenship

in Religious Society

Ikuti update Institut Leimena