IL News No. 016/2011
oleh Institut Leimena

Sejak Januari 2011, berbekal peralatan mengajar seadanya (white board kecil dan terpal) yang terdapat di lopo kelompok tani “Kanaan” dan atas inisiatif pendamping IL, Santhy Chamdra, di Desa Manusak, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur maka dibentuklah kelompok belajar anak-anak SD. Pembentukan kelompok belajar ini didorong oleh keinginan agar anak-anak yang ada di desa ini bisa menambah pengetahuan mereka diluar jam sekolah. Dalam kelompok ini, mereka boleh bertanya tentang mata pelajaran apa saja yang tidak mereka mengerti di sekolah.

Untuk sementara ini mata pelajaran yang diajarkan adalah Bahasa Inggris dan Matematika, tidak menutup kemungkinan untuk mata pelajaran yang lain juga. Anak-anak yang tergabung dalam kelompok belajar ini adalah anak kelas 2-5 SD. Untuk bahasa Inggris bahan yang diajarkan sama, sedangkan untuk matematika, latihan soalnya dibedakan sesuai dengan kelasnya. Dalam satu minggu dilakukan dua kali pertemuan yaitu setiap pukul 14.00-16.00 WITA setiap hari Senin dan Jumat.

Selain diajarkan Bahasa Inggris dan Matematika, anak-anak juga diajarkan tentang karakter dan perilaku. Pembentukan karakter sejak awal dirasakan perlu agar kelak dewasa nanti mereka bisa menjadi orang yang memiliki karakter yang baik dan dapat membangun desa ini.

Sampai dengan sekarang ada sekitar 15 orang anak yang belajar dalam kelompok ini. Semoga dengan kelompok belajar ini, dapat membuat anak-anak ini berprestasi di sekolah dan meningkatkan pengetahuan mereka sehingga mereka bisa menggapai cita-cita yang mereka inginkan.

Responsible Citizenship

in Religious Society

Ikuti update Institut Leimena