+62 8111 0888 54 sopl@leimena.org

IL News 001/2016

oleh Institut Leimena

 

Training of Trainers (TOT) Pendidikan Warga ke-65

Bandung, Jawa Barat, 17-19 September 2015

 

Sinode Gereja Kristen Pasundan (GKP) telah lama ikut serta membangun masyarakat di Jawa Barat dengan ikut serta terlibat dalam pelbagai bidang pelayanan masyarakat misalnya melalui bidang pendidikan dan kesehatan.  Dalam rangka mendorong partisipasi anggota jemaat GKP untuk terus terlibat dalam berbagai bidang kehidupan, Institut Leimena telah mengadakan Training for Trainers (TOT) Pendidikan Warga yang ke 65, dalam kerjasama dengan Sinode GKP pada tanggal 17 sd 19 September 2015.

Pelatihan yang difasilitasi oleh Budi Setiamarga dan Daniel Adipranata dari Institut Leimena ini, diikuti oleh 30 orang yang merupakan perwakilan dari pelbagai lembaga yang bernaung di bawah Sinode GKP, antara lain Yayasan Badan Pendidikan Kristen (YBPK), Universitas Kristen Maranatha Bandung, Sekolah Tinggi Keperawatan “Immanuel”, Rumah Sakit “Immanuel” Bandung, serta perwakilan dari berbagai klasis di bawah Sinode GKP yaitu klasis Priangan, Purwakarta, Depok, Jakarta dan Cirebon.  Pelatihan ini diadakan di ruang pertemuan Kantor Sinode GKP di Bandung. Pdt. Supriatno, ketua sinode GKP, dalam sambutan pembukaan di acara TOT ini, menekankan pentingnya bagi orang Kristen di Indonesia untuk meneladani Johannes Leimena yang telah ikut serta membangun masyarakat Indonesia, baik melalui pelayanan kesehatan maupun melalui keterlibatannya dalam pemerintahan pada waktu dulu.

Johannes Leimena beserta isteri, semasa hidupnya adalah anggota jemaat GKP.  Beliau juga pernah menjadi direktur Rumah Sakit “Immanuel” serta ikut serta mendirikan Universitas Kristen Maranatha.  Kedua lembaga dimana Johannes Leimena terlibat ini, bernaung di bawah Sinode GKP.  Oleh sebab itu, para peserta TOT ini diharapkan dapat juga mewarisi semangat sesepuh mereka untuk ikut turut serta melayani Tuhan melalui pelayanan kepada sesama.