+62 8111 0888 54 sopl@leimena.org

Bangsa Indonesia membutuhkan pemimpin berintegritas yang berwawasan kebangsaan.

Ia diharapkan dapat dipercaya, tapi juga memiliki keterampilan yang memadai soal kebangsaan. Inilah yang menjadi semangat diselenggarakannya Johannes Leimena School of Public Leadership (JL SOPL).

Warganegara yang bertanggung jawab memahami dan melaksanakan hak dan tanggung jawabnya sebagai warganegara untuk mengupayakan kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Masa depan Indonesia, khususnya untuk mencapai cita-cita kemerdekaan dalam Pembukaan UUD 45, sangat bergantung pada peran serta warganegara ini.

Namun manusia seringkali cenderung memperhatikan kepentingannya sendiri, sehingga perlu upaya mengajak dan memberdayakan masyarakat menjadi warganegara yang bertanggung jawab.

Untuk itulah Institut Leimena ikut serta mempersiapkan pemimpin-pemimpin publik yang berintegritas di tengah masyarakat, yaitu pemimpin yang membangun peran aktif warganegara dengan berpegang teguh pada nilai-nilai luhur bangsa, moral, dan spiritual.

Sebagai bangsa Indonesia, landasan nilai yang utama ditemukan dalam Pembukaan UUD 45, termasuk Pancasila di dalamnya. UUD merupakan pedoman warganegara untuk menerapkan nilai-nilai itu dalam kehidupan bersama sebagai bangsa dan negara.

Bagi umat Kristen, Alkitab memberikan landasan nilai untuk memahami jati diri serta panggilannya sebagai umat Tuhan di dunia dan sekaligus sebagai warga negara Indonesia.

Untuk menumbuhkan pemimpin publik yang berintegritas terutama memerlukan keteladanan, baik oleh tokoh masa kini maupun sejarah. Keteladanan ini diperoleh baik melalui interaksi langsung, maupun kisah hidup tokoh-tokoh tersebut.

Selain itu, diperlukan pembinaan dalam hal pengetahuan dan ketrampilan memimpin, serta dasar-dasar nilai di atas, agar mampu memimpin upaya pemberdayaan warganegara di masyarakat secara efektif dan berintegritas.

Untuk menghasilkan dampak nyata yang berkesinambungan, diperlukan wahana berjejaring antar pemimpin publik, dari junior hingga senior, yang saling asah dan asuh untuk bersama-sama membangun peran serta warganegara yang bertanggung jawab di Indonesia.

Johannes Leimena School of Public Leadership hadir untuk mempersiapkan pemimpin publik yang berintegritas, terampil dan berwawasan.

Matius Ho – Executive Director