Sumber foto: pixaby.com

IL News 029/2019
Surabaya, Jawa Timur, 17-18 Desember 2019.

Universitas adalah institusi yang sangat penting untuk mengembangkan wawasan, keterampilan dan karakter kebangsaan masyarakat, secara khusus generasi muda. Untuk itu Institut Leimena terus melakukan kerjasama dengan berbagai universitas di Indonesia, salah satunya dengan Universitas Kristen (UK) Petra.

Pada 17-18 Desember 2019, UK Petra dan Institut Leimena melakukan Induksi Kebangsaan. Selama dua hari, peserta mendapatkan wawasan berupa gagasan Indonesia, kemajemukan, Pancasila, dan Konstitusi. Budi H. Setiamarga dan Daniel Adipranata berperan sebagai fasilitator kepada peserta yang sebagian besar adalah dosen tersebut.

Salah satu kegiatan yang menarik bagi peserta adalah studi ekskursi ke rumah HOS Tjokroaminoto. Rumah HOS adalah bukti sejarah bagaimana perjalanan kepemimpinan Soekarno sedikit banyak dipengaruhi oleh mentornya, HOS Tjokroaminoto. Para peserta diajak untuk melihat bagaimana peran sebagai pendidik sekaligus mentor, yang menginspirasi kader bangsa dalam mewujudkan imaji keindonesiaan. Dr. Ir. Eka Dewi Angraini, Msc (Ketua DMU, UK Petra) menyampaikan bagaimana baik dan pentingnya acara Induksi Kebangsaan seperti ini.  Kiranya upaya pendidikan untuk membangun masyarakat yang demokratis dapat terus kami lakukan dan memberikan kontribusi yang baik bagi Indonesia.

Sumbangan Bapak/Ibu menolong kami menjalankan program kerja dengan lebih baik dan independen. Silakan scan QR code ini dengan aplikasi GoPay, Ovo, Dana, Uangku, LinkAja, atau T-Money, untuk memberikan sumbangan kepada Institut Leimena. Terima kasih!