IL News 018/2019

Setelah hampir 40 tahun, Dr. Daniel Pipes, presiden Middle East Forum di Amerika Serikat dan ilmuwan terkemuka dalam bidang ini, akhirnya dapat berkunjung ke Indonesia. Institut Leimena dan Humanitas Global mengadakan acara diskusi bersama beliau di Jakarta pada tanggal 23 Agustus 2019. Diskusi berkisar pada analisa terbarunya bahwa Islamisme atau Islam politik di Timur Tengah mulai menurun akibat sektarianisme dan kelompok-kelompok berbahaya seperti ISIS.

Acara diskusi dipimpin oleh presiden Institut Leimena, Duta Besar Jakob Tobing, dan dihadiri oleh para pakar dan tokoh Islam seperti Prof. Dr. Amin Abdullah (guru besar UIN Sunan Kalijaga), Prof. Dr. Azyumardi Azra (guru besar UIN Syarif Hidayatullah), Prof. Dr. Nasaruddin Umar (Imam Besar Masjid Istiqlal), dan Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin (staf khusus President RI untuk urusan agama internasional). Edwin Soeryadjaya, anggota dewan penyantun, dan Matius Ho, direktur eksekutif Institut Leimena juga hadir.

Pada akhir diskusi, Dr. Pipes menekankan bahwa inilah saatnya Indonesia dengan Islam yang damai dan toleran untuk membawa dampak di dunia, termasuk di Timur Tengah.

Sumbangan Bapak/Ibu menolong kami menjalankan program kerja dengan lebih baik dan independen. Silakan scan QR code ini dengan aplikasi GoPay, Ovo, Dana, Uangku, LinkAja, atau T-Money, untuk memberikan sumbangan kepada Institut Leimena. Terima kasih!