+62 21 52880355 info@leimena.org
IL News 021/2017

Kebangsaan Indonesia berdasarkan demos, yaitu rakyat yang berbeda-beda namun dipersatukan oleh persamaan tujuan dan cita-cita. Persamaan tujuan dan cita-cita  perlu dipelihara dan dijaga untuk menjaga keutuhan bangsa. Pemimpin publik memiliki peranan penting dalam menjaga dan memelihara cita-cita bangsa.

Inilah yang menjadi semangat diselenggarakannya Johannes Leimena School of Public Leadership (JL SoPL). JL SoPL merupakan sebuah program pendidikan kepemimpinan intensif yang diselenggarakan oleh Institut Leimena sejak 2014, dan diselenggarakan secara berkala setiap tahunnya. JL SoPL 2017 diselenggarakan di Hotel Dreamtel Jakarta, 23-29 Juli 2017.

Program ini diikuti oleh 26 orang pemimpin publik yang berasal dari berbagai daerah dan latar belakang pekerjaan. Mereka berasal dari Kabanjahe (Sumatera Utara), Surabaya (Jawa Timur), Surakarta (Jawa Tengah), Mamasa (Sulawesi Barat), Jakarta (DKI Jakarta), Depok, Bogor, Bandung (Jawa Barat), Toraja (Sulawesi Selatan), Lampung, Ketapang (Kalimantan Barat), Samarinda (Kalimantan Timur), Ambon (Maluku) dan Papua. Profesi para pesertapun beragam, yaitu pendeta, dosen, pegawai negeri, aktivis sosial, dsb.

Melalui program ini, peserta tidak  hanya diperlengkapi dari segi pengetahuan tetapi juga diberikan motivasi dan keterampilan dalam kepemimpinan. Selain itu juga, diperlengkapi dengan kemampuan untuk memperjuangkan cita-cita bangsa dalam komunitas masyarakat, melalui jalur kebijakan publik dan instrumen negara yang tersedia, dari tingkat lokal hingga nasional. Berikut kutipan komentar dari peserta.

“Bermanfaat untuk mengembangkan karir dan visi kedepannya.”

“Mengembangkan kapasitas saya dengan pengetahuan yang baru untuk diimplementasikan.”

“Mengokohkan motivasi saya untuk terlibat dalam kegiatan berpolitik di dalam negara.”

“Bermanfaat bagi pekerjaan saya yaitu melakukan edukasi bagi orang lain dalam merawat Pancasila.”.

Enjoy this blog? Please spread the word :)