IL News 017/2015

 

Kuliah Umum Institut Leimena di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
Bandung, 8 September 2015

 

Dalam jalinan kerjasama antara Institut Leimena dan UIN-SGD (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati) Bandung, Kuliah Umum berjudul “In Defence of Religious Freedom” telah disampaikan oleh Dr. Paul Marshall, Senior Fellow di Institut Leimena dan di Center for Religious Freedom, Hudson Institute, Washington DC, US. Ceramah ini dilaksanakan pada hari Selasa, 8 September 2015 pkl 09.30 sd 11.30 di Aula lantai 4 Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati dan diikuti oleh sekitar 150 mahasiswa dari berbagai program studi di UIN. Acara ini dibuka dengan resmi oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag.


Dalam kuliah ini, Dr. Paul Marshall menyampaikan berbagai hasil riset kebebasan beragama di lebih dari seratus negara di dunia. Hasil riset ini menunjukkan bahwa kebebasan beragama berdampak baik dalam kehidupan masyarakat karena hal ini terbukti mendorong peningkatan ekonomi serta keharmonisan sosial.


Pemaparan dari Dr. Paul Marshall ditanggapi oleh Prof. Dr. H. Asep Saeful Muhtadi, M.A, dari Fakultas Pasca Sarjana UIN-SGD. Dalam tanggapannya, beliau menyampaikan pentingnya kebebasan beragama ini dikembangkan dalam konteks kemajemukan di Indonesia sehingga dampak keharmonisan beragama di Indonesia akan makin terasa. Antusias dan kekritisan mahasiswa UIN-SGD dalam mengikuti kuliah umum ini terlihat dalam sesi tanya jawab yang menunjukkan bahwa kuliah umum ini dapatlah dipahami dengan baik.

Institut Leimena

Menara Karya Lt. 28

Jl. HR Rasuna Said Blok X-5 Kav. 1-2

Jakarta 12950 Indonesia

Facs:     +62 (21) 52880362

WA/SMS Only: +62 8111 0888 54

info@leimena.org