+62 21 52880355 info@leimena.org
Manado Post 12 Jan 2011

Institut Leimena Tingkatkan Peran Kristen di Indonesia

Institut Leimena adalah lembaga non profit yang mengkaji berbagai kebijakan dan permasalahan publik yang berkembang untuk ikut mendorong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik, serta memfasilitasi implementasi program-program yang strategis di tengah masyarakat.

Institut Leimena dinamai untuk mengenang Dr Johannes Leimena (1905-1977), negarawan dan gerejawan Indonesia, serta berupaya meneladani kepemimpinannya yang mengedepankan kasih dan melayani semua kalangan.

Leimena akhirnya mendapat gelar pahlawan nasional atas perjuangan institut tersebut. Presiden Institut Leimena Jakob Tobing mengatakan, kiprah Leimena dalam sejarah negara sangat luar biasa. Berkali-kali Leimena dipercaya menjadi menteri di era kemerdekaan. Bahkan, selama periode kepemerintahan pernah menduduki jabatan Pejabat Presiden Republik Indonesia, sebanyak tujuh kali antara 1961 s/d 1965. Tak itu saja, berbagai penghargaan dari negara luar pun diberikan kepadanya. Prestasi Leimena kata Tobing pantas diperhitungkan untuk mendapat gelar pahlawan nasional.

Sementara itu, misi Institut Leimena adalah membangun keterlibatan orang Kristen sebagai garam dan terang di tengah bangsa dan negara untuk bersama-sama dengan seluruh masyarakat membangun Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 melalui bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya.

Dalam upaya menanggapi perkembangan nasional dan global, berbagai program dikembangkan Institut Leimena yakni studi pengembangan demokrasi dan kebijakan ekonomi, pemberdayaan ekonomi di daerah tertinggal dan publikasi.

Enjoy this blog? Please spread the word :)